be a BA, en a NA,en a NA...BANANA !!!

Pisang..hanya ada satu kalimat yang bisa Vidi jadikan alasan mengapa kali ini pengen nulis tentang Pisang.
"Segala kebaikan buah ada di buah ini"
berasa iklan banget yak..??hahah..
Tapi hanya itu jawaban dari pertanyaan beberapa teman yang selalu bertanya dan mungkin berpikir,kenapa Vidi sangat suka dengan buah Pisang.

kata Kompas.com :
PISANG bisa disebutkan sebagai buah kehidupan. Kandungan kalium yang cukup banyak terdapat dalam buah ini mampu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, dan memperlancar pengiriman oksigen ke otak. Kalau darah, jantung, dan otak terganggu, bukankah kehidupan manusia terancam?
lengkap ny bisa dibaca disini.

Dulu, mama Vidi kalo kepasar pasti beli buah, dan hanya ada 2 buah yang sering mama Vidi beli, kalau bukan jeruk ya pisang. Buah menjadi makanan penutup yang wajib ada di tiap jam makan kami sekeluarga. Kebiasaan itu pun Vidi bawa hingga se-besar ini..eh,salah..se-tua ini..hihi...

Segala jenis Pisang Vidi suka, Pisang Emas, Pisang Ambon, Pisang Susu, Pisang Raja,..ahh,cuma tau itu..tau' nya makan doang..nama dan jenis nya urusan belakang..kecuali pisang Tanduk dan Pisang Klutuk atau Pisang Batu..dari nama saja,Vidi agak khawatir mengkonsumsi nya..heheh..takut di tanduk dan takut jadi batu..hihihi..
Oh iya,ada satu lagi jenis pisang yang belum pernah dicoba, Banana Boat..hwhhwhwhwhaahahhwa...becanda melulu,Vid.. :D

Dan dari semua jenis pisang yang Vidi makan,Pisang Susu lah yang paling Vidi suka,apalagi kalo Pisang ny sudah matang banget sampai berbau seperti alkohol,atau kalo di depan teman2 di Makassar Vidi selalu begini nih,..buka kulit ny,cium pisang ny,trus bilang gini.."hmmm..bau ny seperti Ballo'.."..huahauuaaahah...se-tandan bisa habis sendiri tuh..solo karir..hahaha...

Selain dimakan mentah,Vidi juga suka dengan penganan dari Pisang, seperti Pisang Goreng, apalagi pisang goreng ny ditambahi Palm Sueker, susu kental yg putih [gak suka yang pake susu coklat], dan makin enak kalo ada tambahan keju ny. Selain Pisang Goreng, kue - kue lain yang terbuat dari pisang yang Vidi suka adalah Nagasari, Molen, Kolak Pisang, dan Bolu Pisang. Apalagi di Makassar itu gudang nya kue-kue Pisang..ada Pisang Epe', Pallu Butung, Es Pisang Ijo, Barongko, dan Sanggara' Balanda..
Nih sedikit tampilan buat teman2 diluar yang bisa dijadikan "wajib coba" saat berkunjung ke Makassar.

1. Pallu Butung : Terbuat dari pisang yang sudah dipotong-potong, dimasak dengan santan yang diberi tepung terigu, gula pasir, vanili, serta sedikit garam dan disajikan dengan es serut dan sirop merah. Kesukaan Vidi dan sekeluarga. Mama paling sering bikin kalo bulan puasa.


2. Es Pisang Ijo : sama hal nya dengan Pallu Butung, terbuat dari pisang raja, hanya saja dibungkus dengan tepung terigu yang sudah diberi santan dan air daun pandan sebagai pewarna dang pengharum sehingga berwarna hijau, disajikan dengan saus yang diberi es serut dan sirop.. Most wanted banget nih kalau Ramadhan datang.


3. Pisang Epe' : pisang bakar pake' gula merah, ditambahi kacang tanah,dan paling enak kalo pake durian dan nangka yang aromanya dapat membangkitkan selera. ..enyak..enyakk..enyak..banyak nih di Anjungan Pantai Losari.


4. Barongko : dibuat dari buah Pisang Kepok matang yang dikukus dengan daun pisang, biasanya ntuk menambah cita rasa dan selera, bahan dasar Barongko biasanya ditambah dengan irisan buah Nangka atau Kelapa muda. Unik kan ya..??




5. Sanggara' Balanda : nah kalo yang ini susah dapat ny dihari2 biasa. Muncul ny pas acara besar adat Bugis-Makassar, seperti acara kawinan. Penganan ini sarat akan telur dan gula. Mama Vidi kalo bikin tengah ny diisi pake gula pasir to'..malah pernah dapat Sanggara' Balanda yang tengah ny diisi pake keju..wihh..gak kalah enak ny..nyam..nyam..


Jadi ingat kemarin sama Yayat, teman Vidi di komunitas MU, SMS bilang gini "hai cantik...daku punya sesuatu untukmu"..dikepala Vidi nebak ny pasti cokelat,soal ny dia adalah cowok penyuka cokelat..anehh..tapi ternyata bukan..melainkan se-tandan pisang susu yang sudah berbau Ballo' dan ludes habis tuk menemaniku nonbar semalam bersama anak2 UI MACZ...thank u yah,Yayat..I Luv u Pull dahhh..sering2 aja, bro... ^_^

Pernah juga jalan ber-4 bareng Ando,Tika dan Yayat, trus lihat dipinggir jalan daerah Pettarani ada penjual Pisang Goreng Keju,kita singgah dan makan di tempat,pinggir jalan,seru..Pisang Goreng Full Keju dan Cokelat yang Menggila..hahah..nih foto ny...

ki-ka : Tika, Yayat, Vidi


Masihkah kalian mempertanyakan ke-seriusan ku terhadap Pisang ??? ...huahuuaahuuahha...

Love, Me.



2 komentar:

de mengatakan...

bikin ngilerrrrrr (drooling)

sarahtidaksendiri mengatakan...

weleh...mantap mentong otu pisang de'ehh.. :p